Rabu, 24 Desember 2014

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MELALUI MOTIVASI


MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MELALUI MOTIVASI
PENGERTIAN MOTIVASI
            Motivasi adalah kemauan seseorang untuk berbuat sesuatu,sedangkan motif adalah kebutuhan,keinginan,dorongan.
Menurut Para Ahli
Hamzah B. Uno (2007) mengatakan bahwa motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan tingkah laku seseorang. Dorongan ini berada pada diri seseorang yang menggerakkan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan dalam dirinya. Oleh karena itu, perbuatan seseorang yang didasarkan atas motivasi tertentu mengandung tema sesuai dengan motivasi yang mendasarinya.
Menurut Malayu S.P Hasibuan (1996) motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan.
Menurut Sardiman (2006:73) pengertian Motivasi merupakan daya penggerak dari dalam untuk melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan atau  perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya felling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
TEORI MOTIVASI HERARKI KEBUTUHAN MASLOW
Keseluruhan teori motivasi yang dikembangkan oleh Maslow beritikan pendapat yang mengatakan bahwa kebutuhan manusia itu dapat diklasifikasikan pada lima hirarki kebutuhan,yaitu :
1.      Kebutuhan fisiologis
2.      Kebutuhan akan keamanan
3.      Kebutuhan sosisal
4.      Kebutuhan “esteem”
5.      Kebutuhan untuk aktualisasi diri
TEORI MOTIVASI HAWTHORNE
Satu riset yang terkenal dilakukan kepada 20 ribu karyawan Western Electric selama 10 tahun oleh seratusan pakar dan ilmuwan dari Universitas Harvard. Beragam variabel diteliti untuk menemukan faktor yang menentukan motivasi karyawan dan tingkat produktivitas perusahaan.Menyatakan bahwa motivasi karyawan lebih ditentukan oleh emosi dan interaksi sosial daripada perbaikan kondisi kerja dan insentif berupa uang tambahan.
TEORI X dan Y DOUGLAS Mc.GREGOR
Teori X memandang manusia sebagai pemalas, yang lebih suka diberi arahan secara detail tentang apa yang harus dilakukan, menghindari tanggung jawab serta memilki sedikit ambisi. Teori Y memandang, orang akan melakukan control diri (self control) dan mengarahkan dirinya sendiri (self direction), jika mereka berkomitmen pada tujuan–tujuan pekerjaan mereka.
TEORI PRESTASI dari Mc.CLELLAND
Menurut Mc. Clelland dalam teorinya tentang kebutuhan manusia yang sangat penting didalam suatu organisasi dan perusahaan memfokuskan kepada tiga hal, yaitu :
Kebutuhan dalam mencapai kesuksesan (need for achievement), kemampuan untuk mencapai hubungan kepada standar perusahaan yang telah ditentukan juga perjuangan karyawan untuk menuju keberhasilan.
Kebutuhan dalam kekuasaan atau otoritas kerja (need for power), kebutuhan untuk membuat orang berperilaku dalam keadaan yang wajar dan bijaksana didalam tugasnya masing-masing.
Kebutuhan untuk berafiliasi (need for affiliation), hasrat untuk bersahabat dan mengenal lebih dekat rekan kerja atau para karyawan didalam organisasi.
PENGERTIAN PRODUKTIVITAS
Produktivitas diartikan sebagai tingkatan efisiensi dalam memproduksi barang-barang atau jasa: “ produktivitas mengutarakan cara pemanfaatan secara baik terhadap sumber-sumber dalam memproduksi barang-barang”.
Produktivitas juga diartikan sebagai:
a)      Perbandingan ukuran harga bagi masukan dan hasil.
b)      Perbedaan antara kumpulan jumlah pengeluaran dan masukan yang dinyatakan dalam satu-satuan (unit) umum.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar